Life Style

Tips Liburan Tanpa Khawatir Soal Keamanan Rumah

ZETIZENS.ID – Jelang liburan akhir tahun merupakan momen paling dinanti-nantikan.

Momen ini dapat digunakan untuk berlibur dan quality time bersama keluarga dengan maksimal menuju destinasi wisata impian.

Namun, sebelum merencanakan tempat destinasi wisata yang akan dikunjungi saat liburan akhir tahun nanti, harus memastikan terlebih dahulu rumah yang akan ditinggalkan dalam keadaan aman.

Inilah beberapa tips yang bisa dilakukan dan coba agar rumah tetap aman selama ditinggal liburan akhir tahun nanti.

1. Pasang Kamera CCTV

Memasang CCTV saat akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama memang sangat diperlukan. Pasanglah CCTV di setiap sudut rumah, dengan memasang CCTV dapat terus mengawasi kondisi rumah dimanapun berada. Pastikan juga CCTV dalam rumah terhubung dengan smartphone.

2. Simpan Barang Berharga dengan Aman

Selanjutnya, jangan pernah meninggalkan barang berharga di tempat yang mudah dijangkau. Untuk itu, simpanlah barang berharga seperti perhiasan, uang, dokumen penting di tempat aman dan tersembunyi seperti di brankas karena memiliki perlindungan.

3. Menutup dan Mengunci Semua Pintu dan Jendela

Sebelum berangkat liburan, pastikan dan periksa juga untuk menutup dan mengunci semua pintu, jendela hingga pagar rumah. Jika memiliki kendaraan yang ditinggalkan pastikan juga kendaraan tersebut terkunci dengan baik. Jangan lupa periksa akses ke rumah seperti garasi atau pintu belakang aman.

4. Jangan Share di Media Sosial Sebelum Liburan

Sebelum liburan, sebaiknya hindari untuk membagikan informasi saat hendak liburan ke luar kota atau luar negeri. Pasalnya, hal ini bisa jadi menarik perhatian dan memberikan kesempatan orang yang mengincar rumah-rumah kosong untuk mencuri.

5. Titipkan Rumah Pada Keluarga atau Orang Terpercaya

Jika khawatir akan keamanan rumah, Anda dapat menitipkan rumah dengan keluarga terdekat dan terpercaya. Hal ini dapat membantu untuk memantau rumah dengan aman. Nah, itu dia tipsnya. (Ismi)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button