Oto

Musim Hujan Rawat Ban dengan Baik!

ZETIZENS.ID – Walaupun kehadirannya dinanti-nantikan, musim hujan juga memiliki tantangan bagi masyarakat yang memiliki aktivitas di luar rumah. Seperti halnya saat berkendara.

Saat musim hujan kondisi jalan menjadi licin dan basah. Hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan bagi pengendara yang melintasinya. Hal yang perlu diperhatikan bagi pengendara ialah ban mobil atau motor.

Melansir dari Auto2000, berikut tips merawat ban saat di musim hujan.

1. Periksa Tekanan Udara Pada Ban

Hal yang perlu dilakukan untuk merawat ban saat musim hujan ialah memeriksa tekanan udara secara rutin.

Hal ini dilakukan untuk membantu dalam mengoptimalkan daya cengkram ban di jalanan yang basah untuk mengurangi resiko aquaplaning serta meningkatkan efisiensi bahan bakar.

2. Jangan Rem Mendadak

Saat berkendara di jalan yang basah, hindari pengereman secara mendadak. Pasalnya, jika mengerem secara mendadak akan mengakibatkan kehilangan daya cengkeram dan kontrol kendaraan jadi berkurang. Untuk itu, tetap tenang saat berkendara.

3. Bersihkan Lumpur Pada Ban

Saat melewati jalanan yang berlumpur di musim hujan ini, pastikan untuk langsung membersihkan lumpur atau kotoran pada ban yang menempel. Hal ini dilakukan agar ban tidak rusak. Pasalnya, lumpur yang menempel dan menumpuk dapat merusak ban.

4. Memilih Ban yang Sesuai

Terakhir, jika tips di atas tidak sesuai dan masih belum efektif. Cara yang dilakukan ialah dengan memilih ban yang sesuai. Memilih ban yang sesuai disaat musim hujan juga sangat krusial. Agar mobil dapat berjalan dengan baik tanpa tergelincir. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button