Life Style

Sudah Tahu, Matcha Ternyata Beda dengan Green Tea?

ZETIZENS.ID – Matcha dan green tea memang memiliki penggemar tersendiri, tapi ternyata masih banyak orang yang bingung dan tak bisa membedakan antara matcha dengan green tea yang serupa tapi tak sama.

Kedua minuman teh itu memiliki warna dominan hijau, sehingga membuat kebanyakan orang menganggap keduanya sama. Padahal, green tea dan matcha itu berbeda. Nah, apa sih bedanya matcha dengan green tea?

Ternyata green tea berasal dari daun dan tulang teh hijau yang dikeringkan dan kemudian dihaluskan menjadi green tea powder.

Warna hijau pada green tea lebih terlihat kuning kecoklatan dan rasanya pun cenderung lebih berminyak dan sepet dan memiliki bau seperti rumput atau daun.

Sedangkan matcha berasal dari teh hijau yang telah mengalami proses khusus, dengan rasa yang lebih creamy.

Tanaman teh yang dibuat menjadi matcha ditanam di bawah sinar matahari langsung selama beberapa minggu sebelum panen.

Setelah panen, daun teh hijau dikeringkan dan digiling hingga menjadi serbuk halus dengan hati-hati agar serat-seratnya tetap terjaga.

Proses ini memakan waktu yang cukup lama, tetapi hasilnya adalah matcha yang memiliki cita rasa dan kenikmatan yang istimewa untuk dinikmati para penikmatnya.

Sedangkan green tea, setelah dipanen dikeringkan terlebih dahulu, kemudian dicampur dan dipanaskan dengan uap air selama beberapa menit. Setelah itu, daun teh diangkat dan digiling dengan cara yang berbeda-beda.

Namun jika dilihat dari segi nutrisi, Matcha mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan green tea biasa karena teh ini tidak disaring seperti teh hijau biasa.

Matcha mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan senyawa lain yang baik untuk kesehatan. Meskipun demikian, green tea juga memiliki banyak manfaat yang tak kalah dengan matcha, green tea mengandung senyawa yang disebut katekin, yaitu jenis senyawa yang ditemukan dalam daun teh hijau.

Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang beragam. Green tea juga mengandung kafein, yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. (Sarah)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button