Edu

Mahasiswa BKI UIN SMH Banten Ajak Mengenal Pelecehan Seksual di Sekitar Kita

ZETIZENS.ID – Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) semester 5 mengadakan Penyuluhan Sosial di SMK Negeri 4 Kota Serang.

Kegiatan di sekolah yang beralamat di Jl Raya Petir, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten ini berlangsung pada 16 November 2023.

Melihat maraknya fenomena pelecehan seksual yang terjadi di Banten, maka tema yang diangkat pada penyuluhan ini yaitu “Mengenal Pelecehan Seksual di Sekitar Kita: Kenali, Cegah dan Laporkan”.

Sasaran penyuluhan ini diberikan pada siswa siswi kelas 10 jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan).

Tujuan diadakannya penyuluhan ini untuk memberi pemahaman dan pengetahuan kepada siswa, agar mengenal pelecehan seksual di sekitar mereka, dan berani melaporkannya apabila itu terjadi pada diri sendiri atau teman mereka.

Kegiatan ini sangat diapresiasi dan disambut hangat oleh pihak sekolah karena sebelumnya belum pernah ada mahasiswa yang melakukan penyuluhan ataupun sosialisasi mengenai masalah ini.

Dila Fizrianti selaku pemateri dalam penyuluhan ini menjelaskan bahwa, pendidikan seks sangat penting dipelajari bahkan harusnya sejak usia dini.

“Karena dengan adanya pendidikan seks anak menjadi tahu bagaimana cara menghadapi ketika kekerasan seksual itu terjadi kepada dirinya sendiri ataupun orang lain. Dan dia tau bagaimana cara melaporkannya,” kata dia.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa dan siswi bisa lebih waspada dalam menjaga diri mereka agar terhindar dan tidak melakukan kekerasan ataupun pelecehan seksual.

Dan diharapkan mereka berani melaporkan apabila pelecehan seksual itu terjadi pada diri mereka. (*)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button