Viral

Belajar Daur Ulang Sampah, Pandawara Group Diundang ke Denmark

ZETIZENS.ID – Pandawara menjadi grup yang viral di media sosial karena aksinya yang bisa menggerakkan banyak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

Hingga kini namanya belum meredup karena eksistensinya yang makin dikenal masyarakat dengan kegiatannya yang positif.

Siapa sangka, berkat ketekunannya dalam membangun citra positif dan kepeduliannya terhadap lingkungan bersih bebas sampah, membawanya hingga ke negara Denmark.

Lima sekawan peduli lingkungan ini terdiri atas Ikhsan, Gilang, Rifqi, Rafly, dan Agung. Datangnya mereka ke Denmark diundang langsung oleh Kedutaan Besar Indonesia di Denmark.

“Ada perjalanan baru dari Pandawara untuk melakukan suatu hal yang baru di tahun ini. Alhamdulillah kita menerima undangan untuk belajar lagi, studi banding mengenai bagaimana perjalanan Denmark untuk menjaga lingkungan mereka hingga pengolahan sampah,” kata Ikhsan dalam bincang daring bersama TikTok pada Rabu, 8 November 2023.

Di sana, mereka mempelajari cara menjaga lingkungan yang nantinya akan diimplementasikan di Indonesia. Aksi Pandawara group ini dinilai sangat mulia, itu sebabnya tak heran jika Pandawara Group memiliki banyak pendukung.

Diundangnya mereka ke Denmark merupakan suatu kebanggaan dan pengalaman menyenangkan karena Denmark dikenal sebagai salah satu negara dengan pengelolaan sampah terbaik.

Denmark salah satu negara yang pengelolaan sampahnya terbaik. Ini kesempatan besar bagi Pandawara untuk bisa terus belajar tata kelola lingkungan hidup Denmark, mulai dari sungai dan pantai.

“Kita juga akan mengunjungi beberapa tempat daur ulang sampah dan TPA di sana,” terangnya.

Kelima pemuda tersebut berangkat pada pertengahan November dan akan berada di Copenhagen serta Odense selama 18 hari.

Pandawara Group belajar tentang Circular Economy dan Waste Management di lokasi bernama Copenhill, yang disebut sebagai salah satu tempat pengelolaan sampah terbaik di dunia.

Atas pencapaiannya, Pandawara Group meminta doa dan semangat dari para warga Indonesia dalam proses belajar tentang Circular Economy dan Waste Management di Denmark agar bisa mengambil ilmu dengan baik dan menerapkan di Indonesia untuk mewujudkan negara yang peduli lingkungan.(Sarah)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button