Life Style

Lakukan Hal ini Ketika Merasa Tidak Dihargai

ZETIZENS.ID – Kita mungkin pernah merasa sakit hati ataupun tidak dihargai pada suatu tempat ataupun peristiwa. Namun, kerap kali kita hanya bisa memendam hal tersebut sendiri atau hanya berkeluh kesah kepada orang lain tanpa bisa mengutarakan langsung apa yang kamu rasa kepada pihak yang tidak menghargaimu.

Ferina Triananda dalam kanal Youtubenya berbagi tips reaksi yang seharusnya kita lakukan ketika merasa tidak dihargai. Ferina menjelaskan, sebelum kita memikirkan reaksi yang seharusnya kita lakukan, perlu adanya intropeksi diri.

Setiap orang pasti memiliki alasan di balik setiap hal yang ia lakukan, jika hal tersebut terulang berkali-kali, mungkin saja penyebabnya adalah diri kita sendiri.

Kamu harus memiliki bounderies atau pertahanan yang akan melindungi dirimu sendiri. Perlu adanya Batasan-batasan sejauh mana orang lain dapat melakukan suatu hal kepada dirimu, dan tentu saja hal tersebut mesti dilakukan secara konsisten.

Inilah beberapa hal yang dapat kita lakukan ketika orang lain tidak menghargaimu. Namun sebelum itu, hal pertama yang harus kamu pastikan adalah kamu harus punya bounderies atau batasan yang jelas, dan telah mengkomunikasikannya dengan baik.

“Reaksi terbaik ketika kamu tidak dihargai adalah tidak bereaksi,” jelas Ferina.

Biarkan orang lain menjadi dirinya sendiri, dan tempatkan pada tempatnya. Kita tidak perlu menjelaskan bagaimana caranya agar mereka menghargai orang lain, ataupun bounderies kamu berkali kali.

Dengan tidak bereaksi tersebut, kamu dapat menilai apakah mereka layak untuk ada di dekat kamu, kamu dapat memposisikan mereka sesuai dengan hal yang mereka lakukan.

Jika sebelumnya mereka adalah teman dekat, namun setelah itu dapat menempatkan mereka selayaknya teman pada umumnya.

Hal tersebut tentu saja kembali lagi ke bounderies atau batasan yang kita lakukan. Kita sudah menentukan batasan sampai mana hal yang orang lain dapat lakukan terhadapmu.

Kita dapat melakukannya dengan menjaga jarak dengan orang tersebut, tanpa harus memutus pertemanan, ataupun mengutarakan apa alasan kita melakukan hal tersebut, karena tentu saja hal itu justru memberi kesempatan bagi orang tersebut untuk membela diri.

“Kamu lebih baik sendiri, dibandingkan harus berada di suatu tempat yang tidak menginginkan kamu dan tidak menghargai kamu,” pesan Ferina agar kita lebih bisa lagi menghargai diri kita sendiri. (Salis)

Tulisan Terkait

Back to top button