Kuliner

5 Manfaat Kentang untuk Kesehatan, Cari Tahu Yuk

ZETIZENS.ID – Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat yang sangat populer dan sering dijadikan bahan dasar dalam berbagai hidangan.

Selain rasanya yang enak dan mudah diolah, kentang juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut adalah lima manfaat kentang bagi kesehatan:

1. Sumber Energi yang Baik

Kentang kaya akan karbohidrat, menjadikannya sumber energi yang sangat baik. Kandungan karbohidrat dalam kentang memberikan tubuh kalori yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari, terutama bagi yang membutuhkan energi dalam jumlah besar, seperti atlet atau pekerja dengan aktivitas fisik tinggi.

2. Kaya Vitamin C

Meskipun sering dikaitkan dengan buah-buahan seperti jeruk, kentang juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan membantu penyerapan zat besi.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kentang mengandung serat, terutama jika dimakan bersama dengan kulitnya. Serat ini membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus. Mengonsumsi kentang dalam bentuk panggang atau rebus akan memberikan manfaat serat lebih optimal dibandingkan goreng.

4. Mengandung Kalium Tinggi

Kentang adalah salah satu makanan yang kaya akan kalium, mineral penting yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, serta mengontrol tekanan darah. Kalium juga mendukung fungsi otot dan saraf. Bagi yang ingin menurunkan tekanan darah tinggi, kentang bisa menjadi pilihan yang baik.

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6 dalam kentang menjadikannya makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol, sedangkan kalium membantu mengontrol tekanan darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button