Edu

Kompetisi Mahasiswa Berprestasi lewat Ruangguru Clash of Champion 2024

ZETIZENS.ID – Sejumlah mahasiswa indonesia dari perguruan tinggi luar negeri hadir menjadi peserta dalam kompetisi Ruangguru Clash of Champions 2024.

Baru-baru ini ramai diperbincangkan di dunia Pendidikan, Ruangguru yang menjadi wadah belajar terbesar no 1 di indonesia, membuat gebrakan sebuah ajang pencarian mahasiswa terbaik di dalam negeri maupun luar negeri yang Bernama “Ruangguru Clash of Champion 2024”.

“Kompetisi ini merupakan Acara permainan dengan memiliki format yang inovatif namun tetap menyediakan konten yang edukatif dan menginspirasi. Kami telah menyeleksi ratusan mahasiswa berprestasi dan hanya memilih yang terbaik, mulai dari yang memiliki IPK sempurna hingga pemenang olimpiade sains,” kata AVP Academic Affairs and Marketing Ruangguru Marga Anugerah dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Tercatat 50 mahasiswa berprestasi dari kampus-kampus unggulan dan latar belakang jurusan yang beragam seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, dan lainnya akan dibagi ke dalam 5 batch.

Mereka akan bersaing secara individu maupun kelompok untuk lolos dari eliminasi dan menjadi pemenang.

Alur permainan yang dirancang secara orisinal oleh tim penyelenggara, para mahasiswa ditantang untuk beradu kecerdasan dan strategi yang menguras energi serta menguji emosi saat menyelesaikan masalah.

Aspek yang diuji meliputi kemampuan berpikir numerik, logis, memori, dan strategis para peserta.

Pada episode yang disajikan memiliki tantangan dan kejutan yang berbeda, seperti dalam episode ke-2 yang secara tiba – tiba mendatangkan langsung mahasiswa indonesia dari universitas luar negeri yaitu National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University Singapore, Yale, Kaist dan universitas luar negeri ternama lainnya.

Namun dengan adanya kompetitor yang baru dihadirkan, para peserta lainnya tetap optimis dalam menjalankan kompetisinya mahasiswa jurusan kedokteran di Universitas Airlangga meyakini dengan adanya kompetitor dari luar negeri, tak akan mengalahkannya, dia percaya akan menang pada kompetisi ini.

“Karena ada mahasiswa dari luar negeri wah berarti persaingannya semakin ketat, tapi tetap percaya diri pasti menang,” kata peserta yang berasal dari Universitas Airlangga.

Keberadaan program kompetisi yang ditayangkan, dapat dilihat dari berbagai perspektif.

Jika melihat dari sisi medianya, tentu program ini menjadikan tontonan yang bermutu di tengah krisisnya tayangan yang hadir di masyarakat saat ini, karena animo masyarakat yang tinggi dan respon positif dari publik hal ini menandakan bahwa memang masyarakat butuh tayangan yang lebih fresh dan edukatif dalam pengemasannya.

Terbukti pada Episode 2 yang tayang di youtube Ruangguru mencapai 3.6 juta, hal ini menunjukan angka yang cukup tinggi di Masyarakat.

Adapun impact dari program ini tidak sedikit diantara penonton yang terpacu semangatnya karena terinspirasi dari track record prestasi yang dimiliki para peserta Clash of Champions.

Namun, masukan dari penonton agar soal yang diberikan lebih kompleks membahas banyak bidang lainnya.

“Kalo diliat dari aspek acaranya sendiri, konsepnya bagus tapi kalau bisa kasih masukan mungkin komponen yang diujikan bisa lebih luas lagi, tidak terbatas dalam aspek eksakta,” kata penonton Deana Derawati

Kira – kira konsep kejutan apa yang akan tim Ruangguru sajikan untuk para peserta pada episode selanjutnya? Kompetisi ini dapat disaksikan pada kanal Youtube Ruangguru, yang disaksikan setiap Sabtu pukul 18.30. (*)

Ditulis oleh Delisa Nur Afwa.

Tulisan Terkait

Back to top button