Nusantara

Pendidikan dan Pemberdayaan Dalam Upaya Meningkatkan Potensi Masyarakat Desa Alang-alang

ZETIZENS.ID – Himaloka atau Himpunan Mahasiswa Logistik Kelautan Untirta pada 24-26 November 2023 berhasil mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan berupa pendidikan kepada anak-anak dan pemberdayaan masyarakat dengan tema “Pendidikan dan Pemberdayaan Dalam Upaya Meningkatkan Potensi Masyarakat Desa Alang-alang” di Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, permasalahan seperti kurangnya akses informasi, perubahan musim kemarau, masalah pemasaran produk lokal, dan kekurangan fasilitas pendidikan di SD Desa Alang-Alang menjadi fokus utama.

Tantangan melibatkan masyarakat UMKM lokal dan sektor pendidikan menjadi sorotan serius dalam kegiatan pengabdian ini.

Luthfie Rachman selaku ketua pelaksana menyampaikan tujuan diselenggarakannya Pengabdian ini bertujuan mengembangkan strategi pemasaran produk lokal UMKM, meningkatkan kualitas pendidikan dengan memperbaiki fasilitas SD Desa Alang-Alang, serta melakukan penggalangan praktik pengelolaan sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan pengabdian ini melibatkan pendidikan kepada siswa/siswi sekolah dasar, penanganan kondisi sampah di Desa Alang-Alang, serta sosialisasi dan pelatihan pemasaran produk UMKM lokal menjadi strategi yang dirancang untuk mengatasi tantangan tersebut.

Ketua badan eksekutif Himaloka, Ahmad Baehaqi berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif secara menyeluruh, memberdayakan masyarakat, dan menciptakan perubahan berkelanjutan di Desa Alang-Alang. (*)

Tulisan Terkait

Back to top button