Life Style

Tips Smartphone Kena Air, Jangan Panik

ZETIZENS.ID – Saat ini musim penghujan telah tiba. Tentunya kabar baik ini telah dinanti-nantikan, pasalnya musim kemarau telah melanda Indonesia dengan waktu yang lama. Walaupun demikian, masyarakat juga perlu waspada saat di musim hujan.

Untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan juga perlu menjaga barang-barang khususnya barang elektronik agar tak terkena air hujan. Salah satu barang elektronik tersebut ialah smartphone.

Jika smartphone terkena air hujan dan jadi error, jangan panik karena ada beberapa tips untuk mengatasinya. Berikut tipsnya.

1. Matikan Smartphone Terlebih Dahulu

Jika handphone atau smartphone terkena air hujan bahkan smartphone jatuh ke genangan air, hal yang harus dilakukan ialah pastikan mematikan smartphone terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mencegah korsleting listrik agar menjaga komponen handphone tidak rusak.

2. Keringkan Smartphone

Jika smartphone telah dimatikan, jangan lupa untuk keringkan handphone menggunakan kain atau handuk kering agar bagian handphone tak rusak. Kita juga dapat mengeringkan handphone dengan kipas angin. Namun pastikan mengeringkan handphone dengan jarak yang cukup jauh.

3. Rendam Handphone di Dalam Beras

Cara selanjutnya untuk mengatasi handphone terkena air ialah dengan merendam smartphone di dalam beras. Hal ini juga sering dilakukan oleh sebagian orang. Pasalnya, beras dapat menyerap kelembaban dari handphone.

4. Bawa Smartphone ke Tempat Service

Tips selanjutnya, jika cara atau langkah diatas sudah dilakukan semua namun belum berhasil. Langkah selanjutnya ialah membawa handphone ke tempat service atau jasa service.

Nah itu dia tipsnya, semoga bermanfaat. (Ismi)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button