PLN UID Banten Kunjungan Langsung ke Pelanggan

ZETIZENS.ID – Memperingati Hari Pelanggan Nasional 2025 tanggal 4 September 2025, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten melakukan kunjungan langsung ke dua pelanggan strategis sebagai wujud apresiasi sekaligus komitmen menghadirkan layanan prima.
General Manager PLN UID Banten, Muhammad Joharifin, hadir bersama jajaran manajemen untuk menyapa PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak dan PT Krakatau Chandra Energi (KCE) di Kota Cilegon, Provinsi Banten.
Kunjungan ini menjadi ajang silaturahmi yang memperkuat hubungan kerja sama antara PLN UID Banten dengan para pelanggan strategis sekaligus komitmen PLN dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Banten.
Dengan mendengar langsung kebutuhan di lapangan, PLN berupaya menyesuaikan layanan agar semakin tepat sasaran. General Manager PLN UID Banten, Muhammad Joharifin, menuturkan apresiasinya atas kepercayaan pelanggan yang terus mendukung langkah PLN.
“Hari Pelanggan Nasional adalah momen bagi kami untuk menyampaikan terima kasih secara langsung. Kami hadir bukan hanya sebagai penyedia listrik, tetapi juga mitra yang ingin tumbuh bersama pelanggan,” ujarnya.
Lebih jauh Joharifin menekankan pentingnya menjaga komunikasi dua arah agar layanan PLN selalu sejalan dengan ekspektasi seluruh pelanggan.
Menurutnya, masukan yang disampaikan pelanggan menjadi bahan evaluasi yang sangat berarti dalam peningkatan mutu pelayanan.
“Masukan dari pelanggan selalu kami jadikan pijakan untuk terus berbenah. Dengan begitu, ke depan kami bisa menghadirkan pelayanan yang semakin berkualitas dan memberi kenyamanan bagi seluruh pelanggan,” jelasnya.
Dari sisi pelanggan, General Manager PT Krakatau Chandra Energi (KCE), Ermawanto, menyampaikan bahwa keandalan pasokan listrik merupakan faktor kunci dalam menjaga produktivitas industri di kawasan Cilegon. Ia menilai dukungan PLN menjadi penopang penting dalam keberlangsungan bisnis perusahaan energi tersebut.
“Sebagai perusahaan energi di kawasan industri strategis, keberlangsungan operasi kami sangat bergantung pada pasokan listrik yang andal. Kami mengapresiasi komitmen PLN UID Banten yang selalu responsif dan proaktif mendukung kebutuhan kami,” katanya.
Ia menambahkan bahwa kerja sama yang terjalin baik dengan PLN telah memberi dampak positif tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi ekosistem industri di sekitar.
“Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, kami dari PT Krakatau Chandra Energi menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama yang baik antara PLN dan KCE. Dukungan dan sinergi yang terbangun menjadi bagian penting dalam perjalanan kami untuk terus tumbuh dan berkembang,” ungkapnya.
Sementara itu, apresiasi juga disampaikan oleh Akbar Suhar Dianto, Assistant Manager Usaha Pelabuhan Merak PT ASDP Cabang Utama Merak. Dirinya menegaskan pentingnya keberadaan PLN sebagai mitra strategis dalam mendukung kelancaran transportasi lintas Jawa dan Sumatera.
“Merak adalah simpul transportasi utama Indonesia. Tanpa pasokan listrik yang andal, pelayanan bagi masyarakat tentu akan terganggu. PLN telah menjadi partner yang sangat penting dalam memastikan kelancaran operasional kami. Sampai saat ini, layanan PLN UID Banten sangat baik dan responnya cepat. Ketika ada kendala langsung ditindaklanjuti, sehingga operasional kami tetap terjaga,” tuturnya.
Akbar menjelaskan, dengan kapasitas Pelabuhan Merak yang melayani tujuh dermaga yang terdiri dari satu dermaga eksekutif dan enam dermaga regular dimana ketersediaan listrik yang memadai menjadi syarat mutlak. Menurutnya, pasokan listrik PLN sejauh ini mampu memenuhi kebutuhan tersebut dengan sangat baik.
“Pasokannya listrik dari PLN sangat baik dan memadai. Kami berharap sinergi ini terus berlanjut, sehingga pelayanan kami kepada masyarakat semakin maksimal,” imbuhnya.
Melalui kunjungan ini, PLN UID Banten menegaskan kembali komitmennya untuk hadir lebih dekat dengan pelanggan, mempererat kemitraan, serta mendukung aktivitas strategis pelanggan melalui layanan kelistrikan yang andal dan berkesinambungan. (Hilal)