Nusantara

Kanwil DJKN Banten Terus Optimis, Kontribusi Pengelolaan Aset di Banten Terus Meningkat

ZETIZENS.ID – Pertumbuhan ekonomi di Banten terus membaik dan meningkat seperti halnya kontribusi pengelolaan aset di Banten terus meningkat.

Hal ini telah diungkapkan oleh Kanwil DJKN Banten yang terus berupaya meningkatkan kontribusi pengelolaan aset negara.

Hal ini tercermin dari capaian realisasi
penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari kekayaan negara, piutang, dan lelang, yang mencapai Rp 71,70 miliar.

Realisasi PNBP ini tumbuh sebesar 21% dibandingkan dengan realisasi tahun 2022 sebesar Rp 92,6 miliar.

KaKanwil DJKN Banten, Djanurindro Wibowo menyampaikan Kanwil DJKN Banten terus berupaya dan komitmen dalam mendukung pemulihan ekonomi dan nasional dan daerah.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pengelolaan aset negara di Banten, baik dalam hal pensertifikatan, penilaian, pengamanan, pemanfaatan, penghapusan, maupun pemindahtanganan aset negara. Kami juga berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menyelesaikan piutang negara dan melaksanakan lelang aset negara secara transparan, akuntabel, dan optimal,” ujar Djanurindro Wibowo, KaKanwil DJKN Banten dalam siaran persnya.

Dari sisi pengelolaan aset negara, Kanwil DJKN Banten telah mencatat dan menerbitkan 1.828 sertifikat BMN berupa tanah di wilayah Provinsi Banten sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2023.

Jumlah ini mengalami pertumbuhan yang pesat sebesar 92% dari tahun 2021 ke tahun 2022.

Target sertifikasi BMN berupa tanah untuk tahun 2023 sebanyak 836 bidang atau 652 NUP, dan realisasi sampai dengan November 2023 sebanyak 721 NUP, dengan capaian 110,58% dari target.

Sedangkan dari sisi piutang negara, Kanwil DJKN Banten telah menyelesaikan outstanding piutang negara sebesar Rp 12,77 miliar atau 98,23% dari target tahun 2023 sebesar Rp 13 miliar.

Piutang negara yang diselesaikan berasal dari berbagai sumber, antara lain piutang
perbendaharaan, piutang keuangan negara, piutang pajak, dan piutang non pajak. Sementara itu, dari sisi lelang aset negara Kanwil DJKN Banten telah melaksanakan lelang dengan total pokok lelang sebesar Rp1.196,67 miliar atau 81,33% dari target tahun 2023.

Jenis lelang yang mendominasi adalah lelang hak tanggungan, lelang non eksekusi sukarela, dan lelang harta pailit.

Dari sisi pembiayaan proyek strategis nasional (PSN), LMAN telah merealisasikan pembiayaan sebesar Rp 452 miliar.

“Pembiayaan PSN ini meliputi enam sektor, yaitu air baku, bendungan, jalan, tol, kereta api, dan bandara. Beberapa proyek yang mendapatkan pembiayaan PSN antara lain sarana dan prasarana air baku Karian, bendungan Kairan, jalan tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran, jalan tol Serang-Panimbang, dan jalan tol Serpong-Cinere,” jelasnya. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button