Viral

Butuh Waktu Tiga Jam Membaca Nama Lengkap Kimia Titin, Mau Coba?

ZETIZENS.ID – Pernah terpikir ada kata yang apabila dibaca membutuhkan waktu berjam-jam untuk membacanya?

Kata terpanjang di dunia dinobatkan kepada senyawa kimia titin, merupakan nama kimia dari jenis protein, yang total terdiri atas 189.819 huruf. kata terpanjang di dunia ini diawali dengan ‘Methio’ dan berakhir dengan ‘leucine’.

Kata ini sebenarnya merupakan nama kimia sebutan bagi jenis protein raksasa yang sering disebut Titin. Titin merupakan jenis protein terbesar yang pernah ditemukan, maka nama kimianya tentu sangat panjang.

Nama kimia Titin itu memiliki ejaan sebagai berikut: Metionylthreonylthonyonyglutaminylalrylglycylphenylalanylprolylvalylprolyylglycylarginylalanyllysylleucylthreonylglutamylleucylleu… dan diakhiri dengan Kemudian diakhiri dengan ejaan berikut: partylaspartylleucylthreonylthrnylaspartylvalylglutaminyllysylglutamilthreonylleucylserylleucylglycylasparalaspartylserylalanylthr…

Namun yang kamu lihat itu belum merupakan kata yang utuh, melainkan masih panjang lagi.

Beberapa waktu yang lalu ada seorang pria yang busa mengucapkannya, ia merekam dirinya saat sedang membaca nama kimia terpanjang itu.

Video tersebut berdurasi 3 setengah jam, dalam vide tersebut terlihat lelaki itu memainkan janggut sambil mengucapkannya dan tarik nafas untuk bisa menyelesaikannya.

Dalam sebuah akun di platform X juga sempat ada yang membahas nama kimia ini. Alhasil Titin yang semula sedikit yang tahu sekarang jadi banyak yang mengetahui.

Melalui video yang diunggah ke YouTube, Golubovskiy membaca kata terpanjang di dunia ini.

Aksi ini sebenarnya tidak mudah dilakukan, karena membutuhkan mata yang jeli dan daya tahan tubuh. Bagi Golubovskiy, dibutuhkan waktu sekitar 213 menit atau sekitar 3 jam 33 menit 23 detik untuk membaca kata tersebut hingga selesai.

Saking panjangnya, video tersebut tidak hanya sekali diambil, melainkan berulang kali. Kata ini cukup rumit untuk dibaca sehingga membutuhkan kesabaran tinggi untuk bisa membacanya dengan benar sampai huruf terakhir. Gimana? Tertarik untuk coba membacanya? (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button