Edu

Student Mobility & Visiting Lacture Fakultas Syariah UIN SMH Banten ke ACIS UITM Syah Alam Malaysia

ZETIZENS.ID – Fakultas Syariah UIN Banten mengadakan agenda student mobility dan visiting lacture ke ACIS UITM Syah Alam Malaysia agenda tersebut untuk menjalin kerjasama antara kedua universitas.

Agenda itu melibatkan 4 dosen yaitu Dr. H Zaenal Muttaqin M.H M.A, Dr. Saekhu M.Kom, Dr.Dedi Sunardi M.Hum, dan Jamaluddin.M.E.

Selain dosen, mahasiswa juga ikut dalam agenda tersebut. Di Fakultas Syariah ada 6 mahasiswa terbaik yang dipilih melalui proses seleksi yang cukup panjang mulai dari test TOEFL, administratif, dan wawancara. Persyaratan utamanya harus memiliki proposal research dan mampu berbahasa Inggris.

Mahasiswa yang lolos di antaranya yaitu Sultan Isnansyah Fazri (Hukum Keluarga Islam), Hastri Amalda (Hukum Keluarga Islam), Sendi Wardana (Hukum Tata Negara), Tuti Alawiyah (Hukum Tata Negara), Qonita (Hukum Tata Negara), dan Nindiya Septiani (Hukum Tata Negara).

Pada hari pertama sampai di ACIS UITM, pihak ACIS menyambut delegasi UIN SMH Banten dengan baik dan langsung dimulai. Acara yang pertama yaitu pembukaan agenda student mobility and visiting lacture.

Pada hari kedua, agenda masuk kelas bersama ustadzah Mardiyah Sahri.
Dilanjutkan perlombaan antar mahasiswa ACIS UITM dan mahasiswa Syari’ah UIN SMH Banten.

Pada momen ini, UIN SMH Banten menjadi winner dalam lomba scrabble bahasa Arab yang diwakili oleh Hastri Amalda dan Sultan Isnansyah Fazri.

Scrabble Melayu diwakili oleh Tuti Alawiyah dan Sendi Wardana. Sementara Carem perempuan diwakili oleh Qonita dan Tuti Alawiyah.

Pada hari ketiga agendanya yaitu presentasi hasil research dari 4 dosen dan 6 mahasiswa sesuai dengan jurusan dan keahliannya masing-masing.

Untuk mahasiswa presentasi hasil research penelitian akhir (skripsi). Setelah presentasi di Malaysia akan dilanjutkan penelitian di Indonesia.

Setelah kegiatan ini dilanjutkan kunjungan ke Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz. Di sekaligus praktik pernikahan sesuai dengan keilmuan hukum keluarga Islam.

Pada hari terakhir yaitu menjalin kerjasama antara organisasi mahasiswa fakultas syariah UIN SMH Banten dan organisasi mahasiswa ACIS UITM.

Dalam jalinan kerjasama tersebut timbul kesepakatan untuk mengadakan webinar dan competition.

Melalui kegiatan ini diharapkan, Fakultas Syariah UIN SMH Banten bisa menjadi fakultas yang unggul dan terkemuka dalam bidang hukum yang berwawasan global sesuai dengan visinya. (Malda)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button