Edu

Mantan Guru Honorer Bikin Sekolah Gratis, Keren!

ZETIZENS.ID – Lagi jadi bahasan banyak orang nih mantan guru honorer yang mendirikan sekolah gratis. Rasa cinta pada dunia pendidikan bagai darah yang mengalir dalam sosok seorang Ahmad Jamaludin.

Mantan guru honorer berusia 38 tahun di Cianjur ini adalah Ahmad Jamaludin. Ia sukses mendirikan sekolah gratis SMP IT Pancuh Tiluh di Desa Jayagiri, Cianjur.

Impian Ahmad Jamaludin untuk membangun sekolah gratis berawal dari pekerjaannya sebagai guru honorer di Sekolah Dasar Negeri Budi Bakti sejak 2004 hingga 2014.

Ahmad sedih melihat siswanya yang tidak melanjutkan pendidikan SMP karena terhambat biaya.

Ahmad lantas membuat SMP Terbuka gratis di Desa Jayagiri dengan harapan tidak ada lagi anak yang putus sekolah karena kekurangan biaya.

Sayangnya, SMP Terbuka hanya beroperasi sampai 2014 karena Ahmad Jalaludin memutuskan merantau ke Cibeber, daerah asalnya di Cianjur.

Meski begitu, ia tergerak untuk bisa memajukan pendidikan di desanya. Bermodalkan jualan sapu ijuk, Ahmad Jamaludin bisa mewujudkan harapannya untuk desa setempat di mana ia tinggal.

Selama di perantauan, Ahmad masih menyimpan mimpinya untuk membangun sekolah gratis sambil mengumpulkan modal.

Ahmad juga menyediakan tempat tinggal untuk beberapa murid yang kurang mampu dan membiayai kebutuhan mereka sehari-hari.

Cerita singkat penuh inspiratif ini diketahui melalui berbagai unggahan video yang viral di TikTok, salah satunya pemilik akun @daaitvindonesia.

Selain pendidikan gratis, Ahmad juga memberikan kemampuannya dalam membuat sapu ijuk secara cuma-cuma. Para murid sengaja diajarkan membuat sapu ijuk, agar mereka bisa membeli keperluan sekolah dan membantu ekonomi keluarganya.

Banyaknya perajin sapu ijuk di kawasan Cibeber memberikan inspirasi kepada Ahmad Jamaludin untuk ikut berkecimpung.

Ia melihat peluang baik apabila menjadi seorang perajin sapu ijuk. Ahmad Jamaludin pun meminta diajarkan untuk membuat sapu ijuk.

Setelah belajar hingga menguasai cara membuat sapu ijuk, Ahmad Jamaludin memutuskan menjadi seorang perajin.

Usahanya pun membuahkan hasil baik, ia mendapatkan banyak pembeli dari berbagai daerah.

Keadaan ekonomi Ahmad Jamaludin lantas meningkat dan ia siap mendirikan sekolah gratis.

Lalu pada 2020, Ahmad Jamaludin membangun SMP IT Pancuh Tilu di Desa Jayagiri, Kabupaten Cianjur.

SMP IT Pancuh Tilu memiliki gedung sederhana dan biaya sekolah mengandalkan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang hanya bisa membayar 12 orang guru.

Ahmad Jamaludin mau tak mau harus mengeluarkan dana pribadi untuk pengeluaran lainnya yang tidak terkover BOS.

Di samping pekerjaannya sebagai guru, Ahmad Jamaludin membuka usaha jual gula semut yang ia buat sendiri.

Kisah Ahmad ini menuai pujian dan dukungan dari warganet.

Sejak berdiri, SMP Terbuka telah meluluskan sekitar 200 siswa dengan bekal pendidikan formal dan non-formal, seperti bertani dan kerajinan. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button