Edu

Mahasiswa BKI UIN SMH Banten Gelar Penyuluhan Sosial di Madrasah Aliyah Islamiyah Ciomas

ZETIZENS.ID — Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Gelar Penyuluhan Sosial Kepada Masyarakat di Madrasah Aliyah Islamiyah Ciomas, Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang, Banten. Kegiatan ini dilaksanakan pada 30 November 2023.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh pemateri penyuluhan sosialisasi kepada masyarakat, Andin, dewan guru MA Islamiyah Ciomas, siswa MA Islamiyah Ciomas, dan dihadiri beberapa mahasiswa Jurusan BKI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Andin ketua pelaksana kegiatan sekaligus narasumber menuturkan, kegiatan ini sebagai bentuk pencegahan pergaulan bebas terhadap masyarakat terutama kepada remaja rentang usia enam belas tahun hingga dua puluh satu tahun. Kali ini, mereka mengusung tema “Dampak Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja”.

“Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap remaja yang dimana rentan terhadap pergaulan bebas dalam pencegahannya dan kesempatan kali ini kita mengusung tema Dampak Pergaulan Bebas Dikalangan Remaja,” ujar pemudi 20 tahun itu.

Ia menjelaskan arti tema kegiatan yakni, keberpengaruhan pergaulan bebas terhadap kehidupan sehari-hari. Terutama, pada kesehatan mental, moral dan akal seorang remaja yang ber-feedback negatif.

“Perlu diketahui remaja sebagai agent of change mereka kita dan semua adalah aset yang berharga bagi negara namun sangat disayangkan banyak sekali para remaja yang melakukan pergaulan bebas yang mengakibatkan perusakan moril mental serta akal seorang remaja kita di sini hadir untuk menyadarkan para remaja untuk tidak melakukan tindakan yang merugikan bagi mereka sendiri,” sambungnya.

Andin menuturkan, banyaknya kasus kriminalitas yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, memberikan rasa cemas terhadap masyarakat sekitar yang harus dihindarkan.

“Masih banyak tindakan-tindakan serta kasus-kasus kriminalitas yang dilakukan remaja seperti tawuran pencurian narkoba bahakan judi online yang bisa meresahkan masyarakat bahkan memberikan rasa cemas yang tinggi kepada masyarakat hal ini harus dihindari,” ujarnya.

Menurutnya, banyaknya remaja melakukan tindakan pergaulan bebas tidak terlepas dari lingkungan pertemanan dan keluarga yang tidak sehat.

“Remaja melakukan pergaulan bebas sebagian besar keberpengaruhannya lingkungan circle pertemanan dan keluarga yang tidak sehat,” sambungnya.

Andin menyampaikan harapan terbesarnya kepada remaja Indonesia, remaja harus bangkit serta memberikan bukti nyata, salah satunya adalah menghindari pergaulan bebas.

“Harapan saya dan semuanya sama kepada remaja indonesia khususnya umumnya untuk global yakni hindari pergaulan bebas dan mulai pola hidup yang sehat,” tukasnya.

Adam Juhairi, peserta penyuluhan, memberikan kesan bahagia dan antusiasnya selama acara penyuluhan berlangsung.

“Mewakili teman-teman yang hadir tentunya kami sebagai remaja sangat bahagia sekaligus antusias dengan adanya kegiatan penyuluhan ini kami jadi lebih mengetahui betapa berdampak negatifnya pergaulan bebas,” ujarnya.

Dewan guru MA Islamiyah Ciomas mengucapkan terima kasih dan selamat kepada mahasiswa Jurusan BKI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten atas terselenggaranya Penyuluhan Sosial Kepada Masyarakat ini.

“Kami segenap dewan guru MA Islamiyah Ciomas mengucapkan terima kasih banyak serta selamat atas terselenggaranya acara penyuluhan sosial kepada masyarakat ini,” ujarnya. (Andin)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button