Viral

Bukan Satu Malam, Candi Borobudur Ini Dibuat 100 Jam di Minecraft

ZETIZENS.ID – Wow! Seorang YouTuber dengan nama channel Baww membuat Candi Borobudur di dalam game Minecraft dengan menghabiskan waktu lebih dari 100 jam.

Ia meng-grinding sekitar 200 ribu block. Pembuatannya candi ini terbagi dalam tiga tahap, dimulai dari membuat outline, lalu membangun candi, dan memberi sentuhan detail akhir agar lebih realistis.

Sejak 14 tahun telah berlalu sejak Minecraft diluncurkan, kini game sandbox yang dikembangkan oleh Mojang Studios telah menjelma menjadi salah satu game tersukses sepanjang sejarah.

Lebih dari 300 juta copy game telah terjual, didukung oleh sekitar 140 juta pemain aktif setiap bulannya, tak berlebihan jika kita menyebutnya sebagai game paling sukses di dunia.

Banyak hal bisa dilakukan di Minecraft, mulai dari mode bertahan hidup, bersaing dengan pemain lain, sampai menjajal konten buatan pemain seperti custom map yang menyuguhkan mekanik unik.

Dari sekian banyak fitur dalam game, mungkin mekanisme building atau membangun adalah aspek yang paling digemari. Fitur tersebut memungkinkan pemain untuk membuat struktur apapun yang mereka inginkan.

Kreativitas gamer memang tak perlu diragukan lagi. Melalui game Minecraft, telah berdiri banyak bangunan-bangunan bersejarah yang diciptakan ulang.

Mulai dari monumen ikonik seperti Taj Mahal dan Burj Khalifa, sampai lokasi fiksi seperti kastil Hogwarts dari Harry Potter.

Karya-karya luar biasa tersebut lahir dari tangan Builder terbaik dunia, yang paling terkenal adalah Grian dan anggota dari sercer Hermit Craft.

Melalui kanal YouTube-nya, Baww membagikan proses yang ia lalui dalam membangun ulang candi Budha terbesar dunia di jagat visual.

Ia ramai menjadi perbincangan setelah membuat replika Candi Borobudur di Minecraft Hardcore.

Luar biasanya ia membuat replika dengan skala asli Candi Borobudur di dunia nyata. Candi tersebut dibangun menggunakan 200 ribu block.

Untuk mendapatkan block Baww melakukan grinding yang dilakukan di dupper farm. Proses grinding ini bisa menghasilkan 36 ribu blok dalam satu jam.

Dalam prosesnya Baww terlebih dahulu membuat outline 10 lantai Candi Borobudur. Pada tahapan ini saja ia sudah menghabiskan waktu sampai dengan lima jam.

Pada pembangunan keseluruhan outline sampai dengan stupa puncak ia menghabiskan waktu 10 jam. Total hingga Candi Borobudur virtual di Minecraft rampung dibangun Baww menghabiskan waktu 100 jam. Luar biasa bukan? (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button