Nusantara

Pecahkan Rekor, Silpa APBD Kota Cilegon 2023 Turun Drastis di Angka Rp85 Miliar

ZETIZENS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon di bawah kepemimpinan Wali Kota Helldy Agustian terus menorehkan rekor dan catatan apik.

Di akhir tahun anggaran 2023, serapan Anggaran Pendapan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 yang memiliki Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) hanya Rp 85.235.448.854.

Angka tersebut merupakan rekor bagi Pemkot Cilegon sebab biasanya Silpa selalu di atas Rp100 miliar. Bahkan pada tahun sebelumnya Silpa tembus di angka Rp315 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Maman Mauludin mengatakan, serapan APBD 2023 mencapai 85,56 persen dengan nilai Silpa Rp85,2 miliar. Sementara nilai APBD 2023 sebesar Rp2 triliun.

“Alhamdulillah seluruh program telah berjalan dengan baik, termasuk program yang menjadi janji politik pak Wali Kota dan Wakil Walikota Cilegon. Jadi, untuk tahun 2024 ini kita akan terus sempurnakan program-program yang sudah berjalan,” kata Maman Mauludin sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Kamis 4 Januari 2024.

Selain serapan anggaran yang sangat baik, tambah Maman, kualitas kinerja Pemkot Cilegon juga terus mengalami peningkatan. Hal itu tampak dari capaian target pendapatan sebesar Rp1,74 triliun atau 85,87 persen.

“Kinerja OPD (Organisasi Perangkat Daerah) juga cukup baik. Sy sudah minta OPD menyiapkan laporannya maksimal tanggal 10 Januari ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian bersyukur serapan APBD 2023 bisa sangat baik dan jauh lebih tinggi dibandingkan dari tahun sebelumnya.

“Kami berterimakasih kepada semua pihak, bahwa capaian positif tersebut tidak terlepas dari kinerja semua jajaran aparatur dan dukungan masyarakat Kota Cilegon,” katanya.

Menurutnya, Pemkot Cilegon akan terus konsisten untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. “Prestasi dan inovasi untuk tahun 2024 ini harus terus lebih baik lagi,” katanya. (*)

Tulisan Terkait

Back to top button