Edu

Setelah Belajar Teori, Anggota Writing Class LDK Ummul Fikroh Siap Menulis

ZETIZENS.ID – Program Writing Class LDK Ummul Fikroh UIN SMH Banten telah berlangsung tiga kali dalam tiga pekan. Setelah kelas berakhir, para peserta diminta untuk mengumpulkan tulisan yang akan dipublikasikan di website LDK Ummul Fikroh.

“Bentuk tulisan yang kami inginkan berupa fiksi, khususnya cerpen,” jelas Nia Kurniasih, Pengurus LDK Ummul Fikroh UIN SMHB 2023 Divisi BPK.

Nia menyebut, dalam tiga kali pertemuan yang dimentori Hilal Ahmad dari Zetizens ini, silabusnya meliputi kepenulisan fiksi pada pertemuan pertama, Sabtu (18/11/2023).

Pertemuan pada pukul 09.00 WIB di Gedung FTK UIN SMHB ini membahas kepenulisan fiksi, hal apa aja yang dilakukan dan dihindari untuk pemula di kepenulisan fiksi, dan cara agar konsisten untuk menulis.

Sementara pada pertemuan kedua berlangsung Jumat (24/11/2023) pukul 15.30 WIB di gedung Fuda. Pada pertemuan ini membahas cara menentukan diksi yang sesuai.

Berbeda dari dua pertemuan sebelumnya, pertemuan ketiga berlangsung online melalui Google Meet pada Sabtu (2/12/2023) pukul 19.50 WIB. Kali ini tentang karakter penulis dan penerbit serta cara menghadapinya

Silabus untuk pertemuan keempat yakni tugas akhir membuat cerita yang bisa upload di website dan juga insyaallah terbit buku antologi.

Melalui kelas menulis ini, Nia berharap, kader-kader LDK terbias menulis dan mengungkapkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button