Kuliner

Engkak, Kue Lapis Khas Cilegon yang Yummy

ZETIZENS.ID – Pernah mencicipi kue lapis ketan satu ini? Namanya engkak. Banyak dijumpai di Cilegon, Banten

FYI, kalau Googling nih bakal muncul kue engkak adalah kue tradisional yang populer di daerah Palembang, Sumatera Selatan. Kue ini juga populer di Lampung.

Kue engkak merupakan kue ketan lapis seperti kue lapis legit tetapi lebih lembut dan tahan lama.

Kue engkak ini berbahan dasar mentega dan telur, dan proses memasaknya cukup lama karena dengan cara memanggang dengan menggunakan loyang secara berlapis-lapis, oleh sebab itu kue engkak sangat lembut dan tahan lama.

Bahan untuk membuat kue engkak adalah tepung ketan putih, gula pasir, telur ayam, santan kelapa, susu, dan mentega.

Laman Cilegon Hills menyebut, engkak khas Cilegon sudah memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya.

Buktinya, kue engkak masih banyak dicari oleh para pelancong saat berbelanja di pusat oleh-oleh Cilegon.

Seperti kue pada umumnya, engkak tidak hanya jadi item buah tangan. Ada banyak event penting yang menghadirkan kue ini sebagai hidangan istimewa.

Kue ini kerap jadi antaran baik untuk prosesi lamaran atau pernikahan umumnya diwakilkan dengan pilihan item manis juga awet. Sebab itu, mempelai laki-laki biasanya memberikan 3 hingga 4 loyang kue Engkak saat antaran.

Konon pemberian kue ini bertujuan agar calon pengantin selalu lengket layaknya ketan (bahan pembuatan Engkak), pernikahannya awet seperti umur simpan engkak yang tahan lama, dan perjalanan hidupnya selalu terasa manis sebagaimana rasa kue engkak.

Lebaran adalah momen di mana semua kue tradisional (termasuk Kue engkak) tertata rapi di atas meja tamu.

Semua lapisan masyarakat, baik rakyat biasa, pejabat, artis, dan pengusaha, tidak bisa melewatkan hari raya tanpa penganan manis ini.

Selain dua acara istimewa ini, kue engkak juga jadi kudapan wajib di berbagai acara khusus, seperti rapat kantor, pengajian, dan sebagainya. Tampilannya yang cantik dan rasanya yang lezat jadi alasan di balik populernya kue engkak sebagai sajian acara-acara spesial.

Di waktu santai pun Engkak masih jadi sajian istimewa. Masyarakat biasanya menjadikan kue ini sebagai camilan di waktu sore hari.

Duduk bercengkrama bersama keluarga akan lebih terasa asyik jika ditemani sepotong Kue Engkak dan secangkir kopi. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button