Edu

Glocalverse Horison Wasatiyyah Lintas Masa Lintas Generasi

Kolaborasi Fakultas Studi Islam UIII dan Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

ZETIZENS.ID – Fakultas Studi Islam di Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) bekerja sama dengan Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menyelenggarakan simposium dan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Glocalverse” Horison Wasatiyyah Lintas Masa Lintas Generasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang moderasi beragama dan nilai-nilai nasionalisme.

Glocalverse berfungsi sebagai media pendidikan bagi generasi muda dalam mempromosikan toleransi dan persatuan di antara masyarakat.

Kegiatan pada Sabtu, 28 September 2024, di Aula Institut Agama Islam Banten (IAIB) Masjid Ats Tsauroh Kota Serang ini dihadiri sekitar 50 pemuda yang berasal dari berbagai institusi dan organisasi keagamaan di Kota Serang. Seperti Pemuda Muhammadiyah, Gerakan Pemuda Ansor, Pemuda Persatuan Islam, Pemuda Katolik, Perkumpulan Pemuda Kristen, Pemuda Agama Khonghucu Indonesia dan Laboratorium Bantenologi.

Simposium ini memberikan wawasan yang berharga tidak hanya mempromosikan moderasi beragama namun juga materi-materi terkini seputar dunia digital.

Acara ini menggunakan format yang interaktif dan menarik yang secara khusus dirancang untuk para pemuda.

Acara ini terdiri dari serangkaian sesi yang mencakup berbagai topik, namun tidak terbatas pada radikalisme di kalangan pemuda.

Mengangkat tema Glocalverse yaitu perpaduan antara global dan local Islam Wasatiyyah, simposium ini memberikan materi seputar tradisi Islam di Banten: dulu dan Kini, agama, gender, isu Wellbeing, dunia digital dan tantangan masa kini.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang Ahli di bidangnya dan berbagi wawasan mendalam dari pengalaman mereka yang luas.

Di antara para pembicara yang hadir adalah Prof.Yanwar Pribadi Dekan Fakultas Studi Islam UIII.

Dekan Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Dr. Endad Musadad juga menyampaikan sambutan utama yang mencerahkan, memberikan perspektif yang berharga tentang tema-tema simposium.

Pembicara lainnya dari dari Fakultas Studi Islam UIII dan UIN Banten, termasuk Dr. Helmy Fauzi, Dr. phil Zacky Umam, Prof. Syamsul Rijal, Dr. Masykur Wahid, Haula Noor, Ph.D, Dr. Umdatul Hasanah, Zezen Z. Muttaqin, PhD, Bhirawa Anoraga, PhD, Dr. Torkis Lubis, Dr. Mughzi Abdillah turut menyumbangkan keahliannya dalam symposium tersebut.

Selain topik-topik yang dibahas dalam sesi program, para peserta juga diberi selingan games dan ice breaking yang dipandu oleh Dr. Yogi Damai Saputra.

Tujuannya untuk menciptakan suasana yang lebih positif, membangun rasa kebersamaan antar peserta, membantu para peserta untuk lebih mengenal satu sama lain sehingga membuat peserta merasa lebih nyaman.

Program ini menggarisbawahi komitmen UIII dan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten untuk memupuk lingkungan yang penuh dengan pemahaman agama, toleransi, dan hidup berdampingan secara harmonis di antara komunitas yang beragam.

Dengan melibatkan kaum muda dalam diskusi lintas agama tentang moderasi beragama, acara ini mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang Islam berdasarkan prinsip-prinsip Wassatiyah, yang mempromosikan anti-kekerasan dan perdamaian. (Nadia Nurfitria)

Tulisan Terkait

Back to top button