Viral

Viral Kisah Wanita Lulusan UGM Memilih Jadi Cleaning Service di Australia

ZETIZENS.ID – Universitas Gajah Mada dikenal sebagai universitas bergengsi di Indonesia. Tak heran para lulusannya kerap menempati posisi kerja yang sesuai dengan keahliannya.

Tidak sedikit alumninya yang memutuskan untuk S2 ke luar negeri melanjutkan pendidikannya. Namun, baru-baru ini viral seorang wanita yang membagikan kisahnya melalui media sosial miliknya.

Ia berbagi cerita pengalamannya setelah lulus cumlaude dari UGM bekerja menjadi petugas kebersihan di Australia.

Kisah tentang wanita tersebut mulai viral berawal dari postingan akun Instagram @dearaleyden.

Ia mengunggah momen saat wisuda hingga kegiatannya sehari-hari menjadi petugas berseragam oranye yang merupakan seragam cleaning service.

“Lulusan UGM, gak mungkin jadi full time cleaner di Australiac, pasti sambil lanjut S2 kan?” tulis keterangan video unggahan wanita bernama Dea itu.

Selama bekerja di sana, Dea sering dikira bekerja sambil melanjutkan S2. Namun rupanya wanita lulusan UGM itu membantahnya.

Dea mengatakan bahwa ia pergi ke Australia benar-benar untuk bekerja, bukan lanjut S2.

“Banyak yang mengira aku lanjut S2 di Australia, lalu kerja sebagai cleaner sebagai kerjaan sampingan. Aku anggap itu sebagai doa dari kalian. But I’ll tell you the truth,” ucap Dea.

Namun, Dea berharap hal itu menjadi do’a untuknya. “Tapi doain aja ya! Siapa tahu memang rezekinya. Siapa tahu rezeki kalian juga buat kerja di luar negeri,” ujarnya.

Tanpa rasa gengsi atau pun malu, Dea memperlihatkan kegiatannya sebagai house keeping, cleaner, dan cleaning attendant di Australia.

Dia mengatakan jam kerjanya adalah sembilan hari kerja dan lima hari libur bekerja.

“Kerja 11 jam, 1 jam lunch break, 30 menit another break. Kerjanya ngapain aja? Bersihin laundry, kamar, publik area, laundry microfiber, room check, laundry audit dan lainnya,” kata Dea.

Alasan Dea memutuskan untuk mengambil pekerjaan yang saat ini ia tekuni ialah karena ingin mencari pengalaman.

“Ada sesuatu yang lebih mahal dari barang mewah, apa itu? Pengalaman, yang bahkan nggak bisa dibeli dengan uang,” kata Dea dikutip dari Instagram @dearaleyden, Rabu (26/6/2024).

Selain itu, dikatakan di sana bahwa Dea memilih pekerjaan itu karena harus ‘extend’ visa di Australia.

Meski merasakan lelah fisik karena bekerja full outdoor, Dea mengaku menjalani dengan rasa senang dan bersyukur, itu lah yang menguatkan dia sampai saat ini.

Dea juga mengungkapkan bahwa ia sejujurnya merasa sedih karena banyak yang merendahkan pekerjaannya.

“Dan banyak sekali orang-orang yang memandang rendah pekerjaan cleaner. Sedangkan, syarat untuk bisa mendapatkan visa WHV (Working Holiday Visa) Australia itu adalah harus lulus pendidikan D3/S1 atau sedang menempuh pendidikan minimal semester 4, dan juga harus ada tes IELTS minimum band 4.5,” terangnya.

Video unggahan Dea yang menceritakan pengalamannya bekerja sebagai petugas kebersihan di Australia itu lantas viral dan sudah ditonton lebih dari 7,9 juta kali. (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button