KhazanahNusantara

Siap Jadi Destinasi Wisata Industri, Pabrik Susu Frisian Flag di Cikarang Diresmikan

Jadi pabrik susu yang terbesar di dunia, produk Frisian Flag mendukung nutrisi sehat keluarga Indonesia

ZETIZENS.ID – Berdiri di Kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC) Kota Deltamas, Desa Sukamahi, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, pabrik baru Frisian Flag Indonesia telah siap menjadi salah satu dari destinasi wisata industri di Tanah Air.

Yap, pabrik susu baru dari perusahaan global Friesland Campina ini baru saja diresmikan pada Selasa (2/7/2024) siang dan siap memamerkan beberapa keunggulannya, diantara menjadi pabrik susu terbesar di dunia, memiliki nilai investasi yang besar dan tentu saja berkomitmen tinggi dalam mendukung perbaikan serta pemenuhan kebutuhan nutrisi masyarakat Indonesia.

“Pabrik Frisian Flag di Cikarang siap menjadi destinasi wisata industri, setiap harinya ratusan orang mengantre untuk bisa masuk dan melihat langsung ke dalam pabrik untuk menyaksikan fasilitas dan proses produksi susu berkualitas tinggi dari peternak lokal dan untuk masyakat kita,” ujar Pejabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat peresmian pabrik di Cikarang.

Dani berharap kesiapan PT Frisian Flag Indonesia yang kini mengenalkan pabrik barunya di atas lahan seluas 25,4 hektare dengan nilai investasi senilai Rp3,8 triliun ini akan menjadi tujuan wisata industri yang dapat membawa berkah serta sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mengedukasi warga.
“Saat ini kami sedang gencar mengenalkan wisata industri, factory visit bagi para pelajar, mahasiswa, dan juga masyarakat umum agar menjadi ruang edukasi dan perluasan wawasan masyarakat kita tentang dunia nyata dna perkembangan industri,” ucapnya lagi.
Tak hanya itu, secara ekonomi pabrik baru FFI itu juga diharapkan mampu menjalin kemitraan dengan para pelaku usaha kecil, terlebih peternak susu lokal.
“Pabrik baru ini kami saat ini memproses 400.000 kilogram susu segar setiap harinya untuk menghasilkan 700 juta kilogram produk susu setiap tahun, menggunakan teknologi ramah lingkungan modern demi untuk memenuhi tujuan keberlanjutan perusahaan,” ujar CEO of Royal Friesland Campina N.V Jan Derck van Karnebeek saat menyaksikan peresmian pabrik di acara yang sama.
Sejalan dengan jumlah produksi susu tersebut, President Director FFI Berend van Wal ingin pihaknya bisa berkontribusi dalam visi misi generasi emas Indonesia.
“Kami terus memperhatikan produksi susu kami itu diproses dengan baik dan menghasilkan produk susu yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia. Dengan komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan dan inovasi, kami berharap produk susu yang bergizi ini akan berkontribusi positif bagi masyarakat dan planet kita,” ujar van Wel di hadapan media.
Semantara Andrew F. Saputera yang merupakan Corporate Affair Director dari Frisian Flag Indonesia mengaku pihaknya akan fokus pada formulasi nutrisi Dalam produk yang dihasilkan pabrik di Cikarang saat ini.
“Kita dengan pabrik baru ini akan memprovide susu untuk keluarga Indonesia. Kita tahu 1 dari 4 anak punya masalah stunting, nah produk susu Frisian Flag konsen pada isu tersebut sehingga berupaya mengurangi jumlahnya.
“Lewat produk kami, kita telah memiliki produk pilihan yang lebih sehat, bukan hanya reformulasi kandungan dengan sugar content yang telah sesuai standard WHO, kami juga memiliki sertifikat resminya, ini tidak semua brand punya logo standard tersebut, namun kami melakukan itu untuk memperbaiki kualitas produk dan upaya mendukung pengentasan masalah mal nutrisi di Indonesia,” ujar Andrew.
Ia menambahkan, bahwa informasi nilai gizi yang telah disajikan dalam kemasan susu sudah sesuai dengan aturan. Untuk itu, warga Indonesia juga diajak untuk lebih bijak membacanya. (*)

Al Sobri

Senang menyapa meski kadang nggak balik disapa. Suka berlari meski kadang nggak dapat medali. Journalist.

Tulisan Terkait

Back to top button