Seleb

Cerita Shahnaz Haque dalam Mendidik Anak

Jadi Orang Tua yang Kekinian

ZETIZENS.ID – Lama tak terdengar kabarnya, artis sekaligus pembawa acara Shahnaz Haque kini muncul dengan teori parentingnya.

Setiap orang tua pasti memiliki pola asuhnya sendiri untuk mendidik buah hati. Hal itu juga terjadi pada Shahnaz Haque yang mendidik anak dengan menjadi orang tua yang kekinian.

Shahnaz menuturkan bahwa saat ini yang menjadi tantangan bagi orang tua adalah bagaimana anak bertanggung jawab terhadap pilihannya.

Menurut Shahnaz, orang tua sekarang tidak bisa mengarahkan dan memaksakan pilihan anak seperti dilakukan orang tua zaman dahulu.

Dibanding menjadi orang tua yang selalu menuruti apa yang anak inginkan, Shahnaz rupanya lebih memilih jadi orang tua yang tegas dan ketegasan itu merupakan bentuk didikan dirinya terhadap anak-anaknya.

Hal tersebut ia tunjukkan dengan menegur anak-anaknya apabila mereka tidak melaksanakan nasihat yang sudah diberikan. Dibalik ketegasannya, Shahnaz selalu berusaha untuk mendukung hal positif yang anaknya lakukan. Ia mendidik anaknya untuk menjadi versi terbaik setiap saat.

“Si Kakak’, saya mendorongnya agar menerobos batas dan menjadikan versi yang lebih baik dari dirinya setiap saat. Untuk ‘Si Adik’, saya menjadi bagian dari semua temannya. Karena saya paham, anak tengah yang ‘social person’, pasti lebih memilih teman daripada keluarga. Bagi ‘Si Bontot’, saya menjalankan “tough love”,” ujarnya.

Selain itu, Shahnaz juga menjadi ibu yang mengajarkan anak-anaknya untuk tidak cengeng dan tidak mengumbar kesedihannya.

“Saya adalah tipe ibu yang membuat 3 gadis ini tidak cengeng, kalau mau curhat di sajadah saja tanpa diumbar agar lebih tangguh,” jelas Shahnaz Haque. (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button