Viral

Apa Itu AU yang Kini Tengah Viral dan Trending di X?

ZETIZENS.ID – Belakangan ini, istilah “AU” sering kali muncul dan viral di platform media sosial X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter). Bagi yang belum familiar, AU adalah singkatan dari “Alternate Universe” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Semesta Alternatif.”

Istilah ini terutama populer di kalangan penggemar karya fiksi seperti film, serial TV, dan novel, serta dalam dunia fan fiction. AU merujuk pada cerita atau narasi yang diciptakan oleh penggemar di mana karakter atau plot dari karya asli ditempatkan dalam semesta atau latar yang berbeda dari cerita aslinya.

Misalnya, karakter dari sebuah serial televisi populer mungkin ditempatkan dalam dunia di mana mereka adalah siswa sekolah menengah, meskipun dalam cerita aslinya mereka adalah detektif dewasa.

AU memungkinkan penggemar untuk mengeksplorasi skenario “bagaimana jika” dan menciptakan versi alternatif dari cerita yang mereka sukai. Ini sering digunakan untuk mengeksplorasi hubungan antar karakter, situasi yang berbeda, atau bahkan akhir cerita yang tidak terjadi dalam karya asli.

Jenis AU yang Populer

1. High School AU

Karakter ditempatkan dalam latar sekolah menengah, dengan fokus pada kehidupan remaja mereka, meskipun dalam cerita aslinya mereka adalah orang dewasa.

2. Royalty AU

Karakter digambarkan sebagai anggota keluarga kerajaan, meskipun dalam cerita asli mereka mungkin orang biasa atau dari latar yang sangat berbeda.

3. Fantasy AU

Karakter dari dunia nyata ditempatkan dalam dunia fantasi penuh sihir dan makhluk mitos, meskipun dalam cerita asli mereka mungkin tidak ada kaitan dengan dunia semacam itu.

AU menjadi viral di X karena kreativitas penggemar yang berinteraksi melalui cerita pendek, thread, atau fanart. Ini memberikan komunitas penggemar sebuah cara untuk tetap terhubung dan berkreasi meskipun cerita aslinya telah berakhir atau sedang dalam jeda.

Selain itu, AU sering kali melibatkan interaksi dan kolaborasi antara berbagai penggemar yang menciptakan narasi bersama-sama, yang kemudian menjadi viral karena mendapatkan banyak perhatian dan partisipasi dari komunitas. (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button