Finance

Intip Rahasia Surabi Bandung Dapatkan 5 Ribu Pelanggan Baru dari Aplikasi!

Penjual Surabi berhasil mendapatkan 5.000 pelanggan baru dari kesungguhan memanfaatkan aplikasi

ZETIZENS.ID – “Usaha sungguh-sungguh tidak akan mengkhianati hasil yang indah”. Begitulah kata pepatah yang sangat cocok dengan usaha cerdas dan keras dari pebisnis  Surabi Bandung Kabita.

Mengawali bisnis keluarga di Bali, awalnya jualan bisnis Surabi ini digeluti dengan menggunakan konsep angkringan tradisional. Menyadari adanya perubahan dalam pasar yang semakin terdigitalisasi, Firman, sang anak dari founder usaha ini, memahami betul perlunya adaptasi dan inovasi yang harus dijalankan dalam bisnis makanannya itu.
Hal ini pula yang mendorong Firman untuk menggagas strategi baru dalam penjualan online Surabi Bandung Kabita, yang menonjolkan menu andalan mereka, ya “Surabi.”
Dengan memanfaatkan alat digital untuk ekspansi bisnisnya, Firman melihat potensi besar dari kemajuan platform digital ini untuk mendorong bisnisnya semakin berkembang.
Setelah melakukan riset, Firman menyadari bahwa sebagian besar pesaing mereka belum menggunakan platform online. Oleh karena itu, ia memperluas pergerakan bisnisnya secara digital, denga menggabungkan aplikasi pengiriman online dan media sosial, yang kemudian membawanya untuk mengadopsi GrabAds pada 2019.
Dengan memanfaatkan platform pemasaran digital ini, Surabi Bandung Kabita tidak hanya mempertahankan esensi budayanya tetapi juga berhasil memperluas jangkauannya.
Dengan mengoptimalkan visibilitas brand melalui kampanye iklan dan iklan penelusuran, Surabi Bandung Kabita mencapai pertumbuhan penjualan yang signifikan dan meningkatkan keterlibatan pelanggannya dengan 5.000 pelanggan baru.
Sejak saat itu, Surabi Bandung Kabita berkembang dari sebuah warung angkringan menjadi sebuah tempat pujasera bernama Gatsu Kuliner Food Court. Ia berbagi ilmunya dengan para penjual lain di food court tersebut.
“Elemen-elemen ini bukan cuma tentang menjual produk, tapi juga menciptakan pengalaman yang sesuai dengan pelanggan. Dengan berfokus pada aspek-aspek utama ini, kami tidak hanya meningkatkan visibilitas kami, tetapi juga membangun brand yang dapat diandalkan dan menarik sehingga pelanggan akan terus datang kembali,” ujar Firman.
Berkaca dari pengalamannya bersama GrabAds, ada beberapa hal penting yang dapat diambil oleh brand lokal yang ingin mengoptimalkan upaya pemasaran digital mereka:
1. Mengidentifikasi Peluang untuk 
Berkembang
Pemilik bisnis harus secara aktif mengidentifikasi area untuk ekspansi dan daya saing agar dapat tetap unggul di pasar.
Dengan memanfaatkan analisis data yang tersedia dari platform seperti GrabAds, para pelaku bisnis dapat secara efektif mengukur efektivitas kampanye mereka dan mengidentifikasi peluang untuk berkembang.
2. Platform Pemasaran Bertarget
Pengalaman Firman dengan GrabAds merupakan contoh utama; dengan menggunakan data pihak pertama hiperlokal yang tersedia di platform, ia mampu menjangkau demografi spesifik yang kemungkinan besar tertarik dengan penawaran Surabi Bandung Kabita.
3. Pembelajaran dan Adaptasi 
Berkelanjutan
Firman berpartisipasi dalam kelas-kelas online, termasuk yang ditawarkan oleh GrabAcademy, untuk mendapatkan wawasan yang dapat membantunya ketika ia menghadapi kesulitan dalam mengembangkan bisnisnya.
Strategi-strategi yang telah mendorong transformasi digital Firman ini mencerminkan upaya GrabAds yang lebih luas dalam membekali para pelaku UKM untuk meraih kesuksesan di lanskap digital yang kompetitif.
“Berbagai inisiatif akan terus dilakukan oleh Grab untuk memfasilitasi para pelaku UKM dalam mengembangkan bisnis mereka, seperti memberdayakan para pedagang secara digital melalui aplikasi GrabMerchant dan mengoptimalkannya dengan menggunakan GrabAds untuk mengiklankan produk mereka,” ujar Melinda Savitri, Country Marketing Head, Grab Indonesia & OVO.
Selamat mencoba dan tunggu hasilnya! (*)

Al Sobri

Senang menyapa meski kadang nggak balik disapa. Suka berlari meski kadang nggak dapat medali. Journalist.

Tulisan Terkait

Back to top button