Edu

HMPS Biologi UIN SMH Banten Hadirkan Clean Our Environment

ZETIZENS.ID – Himpunan Mahasiswa Program Studi Biologi (HMPS) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten melaksanakan kegiatan Clean Our Environment (COE) dengan membersihkan sampah yang ada di sekitar pantai di Desa Lingkungan Pamarican.

Tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu “Save our Environment, Save our earth” pada Sabtu, 29 Juni 2024 bertempat di Lingkungan Pamarican RT 03 RW 13 Kelurahan Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang, Banten.

Laporan dari Ketua Pelaksana HMPS Biologi, Devina Lutfitasari menghaturkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah ikut serta di acara ini dan menyampaikan tujuan dari acara ini yaitu sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Sebagai Ketua Umum HMPS Biologi 2024, Muhamad Roup menyampaikan rasa terima kasihnya kepada DEMA fakultas sains yang telah hadir pada acara Clean Our Environment di pantai lingkungan pamarican dan mewakili segenap pengurus, memohon maaf jika masih terdapat kekurangan dalam acara ini.

“Saya rasa agenda ini perlu diadakan, dari yang dikoordinasikan dan dipelopori langsung oleh Departemen Lingkungan Hidup,” tuturnya.

“Tentunya tujuan kita melaksanakan kegiatan ini Sesuai dengan motto kita yaitu Salam Lestari, Salam Konservasi. Kita perlu mengadakan kegiatan ini karena memang dilihat daripada tempat yang akan kita lakukan bersih-bersih bersama ini memang sangat urgent sifatnya. Kenapa saya katakan urgent? Karena memang sebelumnya juga teman-teman sudah tahu mengenai lokasi ini adalah lokasi habitat daripada beberapa jenis spesies. Salah satunya ubur-ubur, teman-teman sudah pada tahu. Jadi dengan kita membersihkan area tersebut saya harapkan juga dapat menjadi ekosistem yang ada di dalamnya itu berkembang,” ujarnya.

Terakhir, sambutan sekaligus pembuka dari DEMA Fakultas sains oleh Muhammad Tasrifin.

Beliau menyampaikan apresiasi penuhnya kepada pengurus HMPS Biologi yang telah mengadakan acara Clean Our Environment ini. Kemudian di lanjut dengan mengucapkan lafadz basmallah bersama sebagai pembuka dari Clean Our Environment (COE).

“Sebagai Mahasiswa Biologi yang peduli juga akan lingkungan. Mungkin jika kalian belajar nanti ada pelajaran yaitu ekologi, di mana sekarang kalian sedang membersihkan pantai yang termasuk ekologi terestrial. Nah, Sangat disayangkan ketika mahasiswa biologi itu tidak peduli akan lingkungan teman-teman,” ujarnya.

Setelah sambutan, kegiatan ditutup dengan do’a dan langsung menuju tempat yang akan dibersihkan oleh pengurus HMPS Biologi.

Rangkaian kegiatan pada acara ini meliputi pembukaan, lalu dilanjut dengan menuju ke area pantai untuk membersihkan sampah, setelah itu istirahat dan makan bersama, terakhir yaitu dilanjut membuang sampah ditempat pembuangan sampah daerah lingkungan pamarican, lalu pulang bersama.

Hikmah dari kegiatan Clean Our Environment yaitu memberikan kesadaran bagi masyarakat sekitar, terutama diri kita sendiri, bahwasannya limbah sampah adalah kepedulian kita terhadap lingkungan dan merupakan kegiatan sosial HMPS Biologi untuk membantu melestarikan alam. (*)

Ditulis oleh Depi Herawati

Tulisan Terkait

Back to top button